Kamis, 15 Maret 2012

journal


Implementasi Naïve Bayes Classifier Sebagai
System Pendukung Keputusan
Pada Personal Resource Planning Berbasis Mobile
Gilang Abdul Aziz
Program Studi Ilmu Komputer
Universitas Pendidikan Indonesia
GILANGABDULAZIZ@GMAIL.COM
ABSTRAK
Personal Resource Planning merupakan salah satu solusi dalam mengelola, mengatur, dan melakukan perencanaan terhadap sumber daya personal. Implementasinya pada perangkat mobile akan menambah karakteristik dari PRP itu sendiri sehingga mampu memberi solusi dalam permasalah mobilitas. Pemanfaatan Web Services sebagai penyedia data yang secure dan reliable membuat kemudahan dalam pengembangan aplikasi PRP berbasis mobile tersebut. PRP berbasis mobile dengan sistem pendukung keputusan yang mengadapatasi Naive Bayes Classifier menjadi teknologi mutakhir yang paling mendukung dalam peningkatan kualitas individu dari segi perencanaan sumber daya.
Kata kunci: Personal Resource Planning, Perangkat Mobile, Decision Support System, Naive Bayes Classifier, Web Services
1. PENDAHULUAN
Kebutuhan manusia akan kemudahan semakin meningkat. Teknologi adalah solusi paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu kemudahan yang kita butuhkan tersebut adalah kemudahan dalam malakukan menejemen terhadap sumber daya. Terlebih lagi apabila kita bisa melakukan perencanaan terhadap sumber daya tersebut.
Kita tidak pernah benar-benar melakukan perencanaan terhadap sumber daya yang kita miliki. Kenapa? Karena kita tidak benar-benar siap untuk melakukan itu tanpa bantuan teknologi. Itu dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan aspek teknologi di setiap lini kehidupan. Salah satunya adalah yang kita bahas ini, yaitu penggunaan teknologi dalam mengatur dan mengelola sertamerencanakan sumber daya personal. Teknologi tersebut adalah Personal Resource Planning.
Selain dari teknologi Personal Resource Planning tersebut, jurnal ini akan membahas bagaimana teknologi tersebut akan diimplementasikan terhadap mobile. Seperti kata para filsuf “Everything is on your hand.” Kenapa? Karena mobilitas sangat dibutuhkan dalam sebuah teknologi, apalagi teknologi yang berhubungan dengan interpersonal manusia secara langsung.
sumber : gilang abdul aziz

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus